fbpx
Telephone

0823 2836 3699

Email

royalkirazpusat@gmail.com

Jam Buka

Senin - Minggu : 08.00 - 23.00

Cara menjaga Imunitas Tubuh yang baik dan benar perlu kita fahami agar kesehatan kita selalu dalam kondisi prima.

Jumlah penyakit tiap hari terus bertambah. Banyak penyakit infeksi yang mengancam kesehatan kita, seperti DBD, diare, influenza, dan lain-lain. Belum lagi, penyakit COVID-19 yang akhir-akhir ini sedang mewabah.

Sistem imunitas atau sistem kekebalan dalam tubuh kita penting untuk dijaga agar tetap prima, supaya kita tidak mudah sakit, apalagi di masa mewabahnya COVID-19 dan akses ke pelayanan kesehatan yang semakin sulit seperti sekarang ini.

Indonesia dan Penyakit Infeksi

Indonesia, sebagai negara tropis, sangat rentan terhadap penyakit infeksi tropis. Infeksi tropis adalah infeksi yang sering ada pada negara-negara tropis, contohnya demam berdarah, malaria, tuberkulosis, penyakit kusta, dan penyakit cacing.

Belum lagi, kondisi negara tropis dengan temperatur yang sangat tinggi, polusi, sinar matahari yang terik, mudah membuat orang jatuh sakit.

Sistem Imunitas Tubuh

Sistem imunitas atau sistem kekebalan tubuh yang baik dapat melindungi kita dari penyakit yang ada di sekitar kita. Memiliki sistem imunitas atau sistem kekebalan tubuh yang baik sudah seharusnya menjadi prioritas kita, apalagi di tengah-tengah mewabahnya penyakit COVID-19 atau Corona virus.

Sebenarnya, kita semua memiliki sistem imunitas atau sistem kekebalan tubuh yang kita bawa sejak kita lahir. Sistem imunitas ini kita dapatkan dari berbagai sumber. Sumber utama dari imunitas tubuh kita adalah plasenta atau tali pusat ibu, saat kita masih ada di dalam kandungan.

Sumber dari sistem imunitas kita yang lain adalah air susu ibu atau ASI. Dari ASI itu, sistem imunitas ibu ditransfer ke bayinya. Oleh karena itu, sangat penting untuk memberikan ASI eksklusif sejak hari pertama kelahiran hingga bayi berusia 6 bulan.

Selain imunitas alami yang kita bawa sejak kita bayi, ada imunitas yang kita ‘dapatkan’ dari lingkungan kita saat kita bertumbuh dewasa.

Imunitas acquired atau imunitas yang didapatkan ini, misalnya saat kita sakit, sesungguhnya imunitas kita sedang ‘belajar’ kekebalan melawan kuman penyakit ini, sehingga saat ada paparan yang sama dari virus ini, maka kekebalan tubuh kita dapat dengan cepat mengenali kuman itu dan membentuk kekebalan tubuh yang baik, sehingga kita tidak sakit untuk yang kedua kalinya.

Ini adalah bukti bahwa kekebalan tubuh kita bukanlah sesuatu yang ‘stagnan’, tetapi kekebalan tubuh kita dapat dilatih dan diperkuat. Nah, bagaimana cara menjaga sistem kekebalan tubuh tetap prima?

Cara Menjaga Imunitas Tubuh Tetap Prima

Ada beragam cara menjaga sistem kekebalan tubuh tetap prima. Prinsipnya, kita harus menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Jadi, bagaimana cara menjaga imunitas tubuh agar tetap prima?

1. Makan makanan gizi seimbang

Makan makanan gizi seimbang penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap prima. Salah satu panduan yang tepat untuk makan makanan bergizi seimbang adalah ‘Isi Piringku’ yang diterbitkan oleh Kemenkes RI.

Royal kiraz untuk menjaga imunitas tubuh

Makan makanan gizi seimbang terdiri dari makanan pokok, lauk-pauk, buah-buahan, dan sayur-sayuran. Makanan pokok, yang mengandung karbohidrat, dapat disesuaikan dengan makanan pokok dari masing-masing daerah di Indonesia: nasi, jagung, ubi-ubian, dll. Lauk-pauk mengandung protein hewani dan nabati.

2. Mengonsumsi multivitamin.

Mengonsumsi multivitamin dapat berperan untuk meningkatkan kekebalan tubuh, terutama vitamin B dan C.

Anda dapat membeli vitamin berupa suplemen makanan di apotik terdekat. Konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan juga dapat memenuhi kebutuhan vitamin harian Anda.

Ingat bahwa mengonsumsi multivitamin bersifat suplemen atau hanya pelengkap saja, bukan pengganti makanan pokok tiga kali sehari.

3. Minum air putih minimal 8 gelas sehari.

Minum air putih minimal 8 gelas atau sekitar 1,5 liter sehari penting untuk menjaga tubuh tetap prima. Air putih penting untuk menjaga tubuh tidak dehidrasi.

Jangan lupa, pastikan air putih yang Anda minum tidak berasa, tidak berbau, dan tidak berasa, serta dimasak sebelumnya atau menggunakan air minum bermerk.

4. Aktivitas fisik minimal 30 menit per hari.

Aktivitas fisik minimal 30 menit per hari penting untuk menjaga kebugaran tubuh. Aktivitas fisik bisa dalam bentuk olahraga, ataupun disesuaikan dengan aktivitas fisik setiap orang.

Misalnya, bagi ibu rumah tangga, membersihkan rumah selama 30 menit per hari sudah dihitung dalam aktivitas fisik.

Ini penting untuk Anda yang bekerja di kantor, dengan satu posisi yang jarang berganti-ganti. Kekakuan otot dan sendi bisa menjadi musuh Anda di kemudian hari.

5. Istirahat yang cukup.

Melakukan Istirahat yang cukup di malam hari dapat menjaga tubuh Anda tetap dalam kondisi fit di esok hari. Waktu Istirahat yang dianjurkan adalah sekitar 7 – 8 jam. Kurang tidur dapat menurunkan fungsi imun tubuh dan membuat Anda menjadi loyo dan tidak bersemangat di pagi hari.

6. Hindari stres.

Masa pandemi seperti ini dapat membuat siapa saja menjadi stres, entah karena kegiatan yang hanya di dalam rumah saja, atau masalah dalam pekerjaan. Stres yang berkepanjangan menyebabkan produksi sel imunitas tubuh menjadi tidak optimal.

Oleh karena itu, hindari stres yang berlebihan. Carilah kegiatan baru yang membuat Anda menjadi bersemangat kembali, seperti memasak, berkebun, menata layout rumah, dll.

Nah, itu adalah beberapa cara menjaga imunitas tubuh Anda tetap prima, dengan berbagai pola hidup yang bersih dan sehat. Apakah Anda sudah menerapkannya?

Disaat masa Pandemi Covid-19 seperti sekarang ini sangat dianjurkan untuk meningktakan daya tahan tubuh Kita. Dan Kita juga perlu tahu Pengetahuan Tentang COVID-19: Gejala Klinis, Cara Penularan dan Langkah Pencegahannya. (ROKI)

Recommended Articles

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *