fbpx
Telephone

0823 2836 3699

Email

royalkirazpusat@gmail.com

Jam Buka

Senin - Minggu : 08.00 - 23.00

Mencegah virus corona secara langsung mungkin masih menjadi penelitian para Ahli. Karena wabah ini kabarnya belum ditemukan obat yang benar-benar manjur. Namun makanan sehat ternyata bisa menjadi alternatif.

Corona Virus sangat mudah menular dari satu orang ke orang lainnya dengan media droplet. Droplet adalah percikan cairan tubuh yang keluar saat seseorang bicara, bersin, dan batuk. Sudah banyak jumlah terkonfirmasi COVID-19 di Indonesia hingga hari ini.

Sistem imunitas tubuh yang prima sangat penting untuk melawan COVID-19, supaya kita tidak mudah tertular.

Salah satu menjaga imunitas tubuh kita adalah dengan makan makanan yang bergizi seimbang dan makanan sehat.

Tips Mencegah Virus Corona Dengan Makanan Bersih dan Sehat

Makanan yang kita konsumsi sehari-hari juga menentukan kesehatan tubuh kita. Kerja sistem imunitas tubuh kita ditentukan dari pola hidup yang kita lakukan, salah satunya makanan kita. Penting untuk mengetahui kandungan gizi dari makanan yang kita makan, supaya kerja imunitas tubuh tetap terjaga dengan baik dan memiliki fungsi yang optimal.

Berikut ini beberapa tips untuk mengolah dan membeli makanan supaya bersih dan sehat untuk tubuh kita.

  • Memilih buah dan sayur yang segar

Buah-buahan dan sayur-sayuran adalah bahan yang banyak mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Untuk mendapatkan buah-buahan dan sayur-sayuran yang baik bagi tubuh, maka kita perlu memilih secara hati-hati buah dan sayur yang akan kita beli.

Pastikan tidak ada bagian dari buah dan sayur yang busuk dan berbau. Pilih dengan ukuran yang sewajarnya, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

Jika diperlukan, carilah dulu cara menentukan buah dan sayur yang sudah matang dan siap makan.

  • Mencuci bahan makanan sebelum diolah

Pasar tradisional adalah salah satu dari tempat-tempat umum yang mudah menularkan infeksi COVID-19. Setelah membeli bahan makanan dari pasar, jangan lupa untuk mencuci bahan makanan yang sudah dibeli beberapa kali dengan air mengalir sebelum diolah, dipotong-potong, dan dimasak. Dengan mencuci bahan makanan, kita telah mengurangi kemungkinan penularan COVID-19 lewat droplet yang mungkin menempel pada bahan makanan saat ada di tempat penjualan.

  • Pastikan tempat Anda membeli makanan bersih dan higienis

Perhatikan tempat Anda membeli makanan, apakah sudah memenuhi standar pelayanan makanan yang bersih dan sehat. Juga perhatikan Apakah para pelayan dan penyaji makanan sudah mencuci tangan secara rutin dan menggunakan sarung tangan saat melayani?

Apakah makanan yang hendak Anda beli ditutup dengan penutup sehingga terhindar dari udara bebas? Juga pengemasan makanan yang disajikan kepada Anda sudah dikemas dengan baik atau asal-asalan saja?

Nah, tips-tips yang disebutkan di atas seringkali diabaikan oleh kita, tetapi sebenarnya penting untuk memastikan apakah makanan yang kita makan bersih dan sehat?

Jadi, tidak hanya kandungan gizi makanannya saja yang penting, tetapi cara pengolahan dan penyajian makanannya juga harus benar.

Menu Makanan Untuk Mencegah Virus Corona

Setelah membahas cara penyajian dan pengolahan makanan yang berih dan sehat, kita akan membahas menu makanan sehat apa saja yang penting untuk imunitas melawan virus Corona?

1. Sayur mayur hijau

Sayur-sayuran hijau kaya akan multivitamin yang diperlukan oleh tubuh untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh.

jenis makanan untuk mencegah virus corona

Beberapa sayuran hijau yang disarankan adalah brokoli, yang mengandung 43% dari nilai vitamin C harian. Selain itu, brokoli juga mengandung vitamin E.

Bayam juga kaya akan bitamin C, yang dapat meningkatkan fungsi imunitas tubuh. Bayam juga mengandung beta-karoten, sumber vitamin A, yang penting untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh melawan COVID-19.

2. Yoghurt

Yoghurt, yang dibuat dari probiotik atau ‘bakteri baik’ dapat membantu meningkatkan pergerakan usus dan merangsang sistem kekebalan tubuh. Takaran minum yoghurt yang baik adalah satu hari satu takar yoghurt.

Cara konsumsi yoghurt juga sangat beragam. Untuk yoghurt yang sudah memiliki rasa buah-buahan yang rasanya enak, bisa langsung dimakan, di antara waktu jam makan. Untuk yang lebih suka diminum, bisa dimasukkan dalam campuran smoothie Anda sesuai selera.

3. Buah-buahan

Buah-buahan, terutama yang berwarna merah segar, seperti apel, stroberi, dan paprika merah, memiliki kadar vitamin C di antara buah-buahan lainnya. Vitamin C berkontribusi untuk pertahanan kekebalan dengan mendukung berbagai fungsi sel, dapat menurunkan risiko infeksi pernapasan, dan membantu pertumbuhan dan perbaikan jaringan dalam tubuh.

4. Jamur

Jamur yang dapat dikonsumsi, seperti jamur kuping, memiliki sumber vitamin D yang kaya, seperti saat kita berjemuri di bawah matahari. Selain fungsi vitamin D untuk meningkatkan penyerapan kalsium dan menguatkan tulang, vitamin D juga salah satu vitamin yang penting untuk pembentukan sel-sel imunitas baru.

5. Biji bunga matahari

Ternyata Biji bungi matahari tinggi akan vitamin E, yang berfungsi sebagai antioksidan yang meningkatkan sistem kekebalan tumbuh. Didalam Biji bunga matahari mengandung 49% total kebutuhan vitamin E harian. Biji matahari dapat dikonsumsi dengan berbagai cara, misalnya dijadikan kuaci.

Nah, itu adalah tips mencegah virus Corona melalui makanan bersih dan sehat untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Dengan mempertimbangkan makanan tersebut dalam menu makanan kita setiap hari, maka kebutuhan tubuh kita terhadap gizi seimbang akan terpenuhi, dan Menjaga Imunitas Tubuh Anda Tetap Prima.

Recommended Articles

1 Comment

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *