Telephone

0823 2836 3699

Email

blackrevo.e@gmail.com

Jam Buka

Senin - Minggu : 08.00 - 23.00

Kesehatan – Penyebab sesak nafas yang tiba-tiba muncul pada seseorang akan membuat penderita merasa resah, jengkel dan sangat tidak nyaman.

Bagi kita yang sehat saja, jika kita menyaksikan orang yang menderita sesak nafas kita merasa prihatin dan sangat kasihan. Bagaimana pula dengan meraka yang menanggung penyakit itu.

Apa sebenarnya penyakit sesak nafas itu? Penyakit sesak nafas atau asma adalah sebuah penyakit yang di karenakan kurang lancarnya aliran darah yang mengalir di daerah saluran pernafasan.

Beberapa penyebab sesak nafas yang terkadang muncul secara tiba-tiba pada seseorang antara lain dikarenakan oleh penyakit yang ia derita seperti berikut ini :

1. Asma

Asma merupakan penyakit pada pernafasan yang di karenakan oleh peradangan yang terjadi di saluran bronkus. Peradangan ini berdampak pada  bronkus hingga menjadi sempit, bengkak dan memproduksi banyak lendir.

Oleh karena itu anda akan mengalami sesak nafas dan sulit untuk bernafas dengan baik. 

Dan situasi ini tentu saja akan membuat anda semakin terasa sesak untuk menarik nafas seperti sedang di ikat di bagian dada. Biasanya pada penyakit ini akan menimbulkan bunyi seperti “ngik – ngik” dan batuk – batuk , tentu saja ini menjadi tidak nyaman dan jangan di anggap remeh.

2. Keracunan karbon monoksida

Kondisi ini adalah di mana seseorang terlalu banyak menghirup karbon monoksida. Perlu anda ketahui bahwa karbon monoksida tidak memiliki bau, tidak memiliki warna, tidak dapat mengiritasi mata. Akan tetapi sangat berbahaya bagi tubuh anda karena jika terlalu banyak mengendap di dalam tubuh maka anda akan mengalami keracunan.

Karbon Monoksida yang berupa Gas ini sangatlah beracun saat anda menghirupnya. Selain itu zat jenis gas ini juga mudah terbakar. Karbon Monoksida biasanya dihasilkan dari pembakaran sampah, minyak, dan bahan bakar lainnya.

Pada saat sudah terhirup maka gas ini akan terikat di dalam hemoglobin darah 200 kali sangat kuat di bandingkan dengan oksigen. Gas ini juga ikut mengalir ke seluruh tubuh melalui darah.

Hal ini menyebabkan terjadinya kerusakan di sel dan beberapa jaringan yang di karenakan kekurangan oksigen. Ini akan mengakibatkan berbagai gejala yang di alami seperti sesak napas, nyeri di bagian dada, mual hingga muntah. Tentunya jika gas ini semakin menumpuk maka anda akan mengalami hal yang buruk. Hingga jika mencapai level tertinggi bisa mengakibatkan kematian.

3. Tamponade jantung (kelebihan cairan di sekitar jantung)

Penyebab sesak nafas lainnya yang bisa muncul dengan tiba-tiba saja pada seseorang adalah kelebihan cairan disekitar jantung. Kondisi ini sangatlah darurat yakni dimana darah memenuhi ruang antara selaput tipis yang di gunakan untuk membungkus jantung dan otot jantung.

Hal ini memberikan sebuah tekanan yang cukup kuat di daerah jantung sehingga menimbulkan gangguan pada fungsi jantung dalam tugasnya memompa darah.

Hal yang terjadi akibat pasokan darah pada jantung berkurang maka akan menyebabkan sesak nafas, nafas pendek dan rasa yang penuh tertekan. Sakit pada dada juga bisa di karenakan hal tersebut.

Kondisi ini cukup serius, dan jika tidak di sembuhkan dengan serius maka akan menyebabkan gagal jantung, syok dan beberapa fungsi organ lain yang terganggu.

4. Hernia hiatal

Hernia hiatal adalah kondisi dimana pada bagian tubuh tertentu menonjol keluar. Penyakit ini berdampak pada kondisi perut yang sedikit menonol hingga ke diafragma dan otot pemisah dengan dada.

Hal ini menyebabkan asam lambung tidak dapat naik ke kerongkongan. Biasanya penyakit ini menyebabkan asam lambung anda mudah naik. Gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah kondisi di mana asam lambung naik ke kerongkongan.

Hal ini menyebabkan terjadinya komplikasi pada dada dan perut. Biasanya kondisi seperti ini akan menimbiulkan dada yang terasa panas, nyeri pada dada dan perut dan sulit bernafas.

5. Gagal jantung

Kondisi ini adalah salah satu kondisi di mana jantung tidak mampu berfungsi dengan baik dan tidak bisa memompa darah ke seluruh bagian tubuh dengan baik.

Hal ini di sebabkan oleh penyempitan yang terjadi pada pembuluh  arteri koroner. Dengan menyempitnya pembuluh darah maka akan menyebabkan aliran darah berkurang dan juga terhambat.

Hal ini juga menyebabkan beberapa jaringan pada tubuh tidak dapat suplai oksigen yang banyak dan menimbulkan terjadinya sesak. Bahkan jika dibiarkan mungkin akan menyebabkan jantung semakin parah.

Demikianlah beberapa penyebab sesak nafas yang bisa terjadi pada penderita secara tiba-tiba.

Bagi anda yang punya masalah dengan jantung, sebaiknya anda Kenali Gejala Awal Jantung Bocor. (Roki)

Recommended Articles

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *