Telephone

0823 2836 3699

Jam Buka

Senin - Minggu : 08.00 - 23.00

Khasiat Buah ceri dapat mengatasi kesulitan tidur Anda di malam hari. Buah ceri dapat meningkatkan melatonin dan serotonin dalam tubuh Anda.

Saat Anda membaca artikel ini, bayangkan ada semangkuk buah ceri segar di depan Anda. Buah ceri yang berwarna merah, manis, dan sangat ranum. Atau buah ceri yang berwarna hijau, segar, dan masam tapi menyegarkan. Apakah Anda bisa menahan untuk tidak menikmati buah ceri itu?

Buah ceri (Prunus cerasus) memang sudah sangat terkenal di antara buah-buah. Dengan cara mengonsumsinya yang sangat mudah, dengan sekali gigitan, atau kesegaran dengan jus buah ceri.

Belum lagi, manfaat yang terkandung dalam sebuah ceri sangat kaya, sehingga buah ini menjadi favorit banyak orang.

Buah ceri ini juga terkenal di negara Jepang, karena bunganya yang begitu indah, yang disebut bunga sakura di sana. Ketika musim semi tiba, bunga dari buah ceri ini sangat indah, sehingga kita bisa mengadakan piknik di bawahnya.

Dalam artikel ini, kita akan membahas khasiat buah ceri bagi kesehatan, khasiat buah ceri bagi kecantikan, dan cara memilih serta mengonsumsi buah ceri yang baik. Yuk, kita simak bahasannya!

Khasiat Buah Ceri Bagi Kesehatan

Khasiat yang terkandung dalam satu buah ceri yang kecil ini sangat kaya, terutama bagi kesehatan.

Buah ceri mengandung antioksidan yang tinggi, dengan kandungan vitamin C yang paling kaya, bahkan melebihi kandungan vitamin C pada jeruk.

Di samping itu, buah ceri juga mengandung kandungan vitamin B dan E yang tinggi, selenium dan zinc.

Perpaduan dari vitamin dan mineral ini sempurna untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda, terutama pada wabah COVID-19 seperti ini.

Penting bagi Anda untuk mengonsumsi kandungan gizi dan nutrisi yang tepat untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh Anda agar tidak mudah tertular penyakit. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi buah ceri ini.

Khasiat buah ceri bagi kesehatan lainnya, yaitu :

1. Membuat tidur lebih nyenyak

Buah ceri dapat mengatasi kesulitan tidur Anda di malam hari. Buah ceri dapat meningkatkan melatonin dan serotonin dalam tubuh Anda. Hormon ini berfungsi untuk mengatur jam biologis tubuh Anda, termasuk siklus bangun-tidur tubuh Anda.

Jika Anda memiliki gangguan tidur, Anda dapat mencoba dengan mengonsumsi buah ceri ini secara rutin.

2. Memperlancar pencernaan

Buah ceri mengandung serat yang tinggi yang baik untuk sistem pencernaan Anda. Serat yang tinggi dapat memperlancar pencernaan Anda.

Anda juga dapat buang air besar dengan teratur tiap satu hari sekali. Jika Anda pernah mengalami sembelit, cobalah untuk mengonsumsi buah ceri untuk melancarkan pencernaan Anda.

3. Meningkatkan sistem imunitas tubuh

Seoerti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa kandungan vitamin dan mineral pada buah ceri cocok untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Buah ceri juga mengandung senyawa flavonoid yang memiliki dampak signifikan terhadap peningkatan fungsi sistem kekebalan tubuh. Senyawa ini dapat berperan sebagai antioksidan dan antivirus.

4. Mengurangi peradangan

Senyawa aktif yang terdapat pada buah ceri dapat membantu melindungi tubuh dari peradangan, yang dapat menyebabkan osteoarthritis atau peradangan sendiri lainnya. Buah ceri juga dapat mengurangi rasa sakit akibat peradangan.

Selain kaya manfaat dalam menjaga kesehatan tubuh kita, buah ceri juga memiliki dampak yang baik untuk kecantikan kita. Apa saja khasiatnya?

Buah Ceri untuk Kecantikan

Selain manfaat yang sudah disebutkan di atas, buah ceri juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan.

  • Melindungi tubuh dari radikal bebas

Kandungan antioksidan yang ada pada buah ceri dapat melindungi tubuh kita dari radikal bebas. Radikal bebas dapat disebabkan oleh polusi, sinar UV dari matahari, atau dari makanan yang kita makan sehari-hari. Radikal bebas dapat menyebabkan banyak penyakit, seperti salah satunya kanker.

  • Mencegah penuaan

Kandungan antioksidan yang ada pada buah ceri juga dapat mencegah penuaan yang terjadi. Penuaan diduga juga disebabkan adanya penumpukan dari radikal bebas. Mengonsumsi buah ceri secara rutin dapat mencegah penuaan dini.

Cara Memilih dan Mengonsumsi Buah Ceri

Dari manfaat yang kaya tersebut, penting untuk mengetahui cara memilih dan mengonsumsi buah ceri yang tepat. Agar mendapatkan kualitas buah ceri yang terbaik dan bermanfaat bagi tubuh.

Saat membeli buah ceri, belilah buah ceri segar yang tidak ada cacat pada kulit buahnya. Jangan beli buah ceri yang kulitnya sudah berwarna kecoklatan atau kehitaman.

Sebisa mungkin, carilah buah ceri yang masih bertangkai, karena buah ceri tersebut masih segar dan baru dipetik.

Anda dapat menyimpan buah ceri di kulkas atau lemari pendingin. Saat menyimpan buah ceri di lemari pendingin, pastikan Anda meletakkannya di wadah dan tutup dengan plastik.

Dengan cara seperti ini, Anda akan mencegah hilangnya kandungan air pada buah ceri tersebut. Buah ceri yang disimpan di kulkas biasanya akan tahan selama 1 minggu.

Anda dapat mengonsumsi buah ceri dengan langsung mencuci dan memakan secara langsung. Atau Anda dapat memilih untuk membuat jus buah ceri, atau sebagai topping atau salad buah.

Nah, itu tadi adalah khasiat buah ceri bagi kesehatan dan kecantikan, dan cara memilih dan mengonsumsi buah ceri yang baik. Jangan lupa untuk mengonsumsi buah ceri yang kaya manfaat ini.

Selain buah Ceri, ada juga buah yang enak rasanya dan kaya akan manfaat. Yaitu Buah Delima sebagai Sumber Antioksidan, Untuk Apa saja? (Roki)

Recommended Articles

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *