Telephone

0823 2836 3699

Email

blackrevo.e@gmail.com

Jam Buka

Senin - Minggu : 08.00 - 23.00

Makanan penyebab diabetes terkadang sering kita konsumsi tanpa mengetahui akibatnya bagi kadar gula darah dalam tubuh kita.

Berdasarkan keterangan yang dijelaskan oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia bahwa diabetes tergolong sebagai salah satu penyakit mematikan, khususnya di Indonesia.

Hal ini terlihat jelas dari angka kematian yang disebabkan oleh penyakit yang juga memiliki nama kencing manis tersebut.

Diabetes merupakan penyakit yang bisa menyerang siapapun tanpa pandang usia dan jenis kelamin.

Diabetes atau kencing manis adalah sebuah penyakit yang mana tubuh kita sudah tidak mampu lagi memproduksi hormon insulin secara baik.

Insulin merupakan hormon yang bertugas untuk mengubah gula menjadi energi sehingga tidak sampai menumpuk di dalam darah.

Bisa dibayangkan sendiri ketika tubuh sudah tidak mampu menjalankan tugasnya untuk memproduksi insulin, maka gula yang masuk ke tubuh kita tidak akan bisa dijadikan sebagai energi.

Akibatnya akan terjadi penumpukan di dalam darah yang jika secara terus-menerus dibiarkan bisa sangat fatal yang menyebakan kematian.

Oleh sebab itu, Anda harus paham bahwa ada beberapa makanan penyebab diabetes yang kita sendiri malah menyukainya.

Jenis Makanan Penyebab Diabetes

Sebelum Anda ketahui tentang makanan dan minuman pemicu gula darah, ada baiknya baca artikel tentang penyakit diabetes.

Bagi Anda yang ingin terhindar dari penyakit mematikan ini, maka jauhi beberapa makanan dan minuman yang bisa menyebabkan penyakit diabetes berikut ini :

1. Minuman manis

Siapa yang tidak suka minuman manis? Semua orang sudah pasti akan langsung mengatakan bahwa mereka suka dan mungkin menjadikan minuman manis sebagai salah satu minuman wajib ketika makan atau berkumpul.

Namun siapa sangka jika minuman yang mengandung pemanis ini malah bisa menjadi salah satu pemicu Anda terkena diabetes.

Alasannya karena minuman tersebut mengandung karbohidrat dengan kadar yang tinggi yang melebihi batas normal.

Sebagai contoh, pada satu gelas soda dengan ukuran 345 milimeter maupun es teh sudah mengandung kurang lebih 36 gram karbohidrat.

2. Lemak Trans

Pernah mendengar istilah lemak trans? Lemak jenis ini dapat ditemukan pada margarin, selai roti, selai kacang, maupun juga krim.

Makanan yang dibekukan pun juga terkadang mengandung lemak trans. Memang lemak trans tidak akan langsung membuat gula darah Anda naik, melainkan dampak yang Anda rasakan akan berlangsung secara perlahan-lahan.

Pada akhirnya menimbulkan sebuah resisten hormon insulin dan juga penumpukan lemak yang ada di perut. Bukan hanya diabetes saja yang berpotensi dialami melainkan juga orang tersebut juga berpotensi menderita penyakit jantung.

3. Pasta, nasi, roti putih

Tanpa kita sadari, Nasi pun ternyata salah satu makanan penyebab diabetes yang paling sering kita konsumsi.

Sama dengan minuman manis, alasan mengapa ketiga jenis makanan ini harus dihindari adalah karena mengandung kadar karbohidrat yang tinggi.

Bahkan makanan yang memang berasal dari beras bisa menyebabkan gula darah naik dengan cepat. Bahaya lain yang juga bisa ditimbulkan yakni dapat mempengaruhi fungsi otak.

Maka dari itu, bagi Anda yang memang serius agar tidak terkena diabetes dini sebaiknya menjauhi makanan-makanan tersebut demi kebaikan Anda dan masa depan Anda.

4. Sereal

Siapa yang tidak suka sereal? Makanan yang biasanya dijadikan sebagai menu sarapan ini ternyata menjadi salah satu makanan dan minuman yang menyebabkan diabetes.

Makanan instan ini memang pembuatannya mudah dan cepat. Namun siapa yang menyangka bahwa menyantap sereal bisa memicu terkena diabetes.

Apalagi jika Anda kerap makan sereal dengan berbagai macam rasa manis. Kandungan karbohidrat yang tinggi ditambah kandungan protein yang rendah menjadi alasan kuat mengapa makanan ini harus dihindari.

5. Buah kering

Pernah mengkonsumsi buah kering? Memang buah menjadi salah satu makanan yang bisa membantu mencukupi kebutuhan gizi.

Kandungan vitamin dan juga mineral di dalam buah sangat bermanfaat bagi tubuh. Namun ternyata tidak semua jenis buah baik untuk dikonsumsi. Salah satunya adalah buah kering.

Alasan mengapa buah kering harus dihindari adalah proses pengeringannya yang dilakukan dalam waktu lama.

Hal ini menyebabkan kandungan gula terekstrasi semakin tinggi yang tentunya tidak baik untuk kesehatan.

Apalagi jika sampai dikonsumsi sering. Misalnya, secangkir yang berisikan buah kismis setidaknya mengandung 115 gram karbohidrat.

6. Yoghurt

Siapa yang tidak mengenal yoghurt? Minuman yang berasal dari olahan susu ini memang menjadi salah satu minuman favorit, khususnya di kalangan remaja.

Akan tetapi, perlu diperhatikan juga bahwa yoghurt harus dihindari atau setidaknya jangan sampai diminum secara rutin dan berlebihan.

Fakta yang bisa Anda ambil adalah untuk secangkir yoghurt dengan berat 245 gram mengandung kurang lebih 47 gram karbohidrat.

Artinya, kurang lebih 81% kalorinya dari gula. Maka dari itu disarankan untuk meminum yoghurt dengan rasa plain atau alami maupun juga greek yang tentunya lebih aman dan sehat dibandingkan dengan pilihan yoghurt yang lainnya.

7. Kentang goreng

Kentang goreng merupakan makan yang lezat yang biasanya dijadikan sebagai camilan. Banyak orang memesan kentang goreng ketika berada di tempat makan sebagai menu makanan penutup atau hanya sekedar makanan ringan yang dikonsumsi sambil melakukan aktivitas lainnya.

Akan tetapi, Anda harus tahu bahwa ternyata kentang goreng juga menjadi salah satu jenis makanan penyebab diabetes yang harus dijauhi karena kandungan karbohidratnya yang begitu tinggi.

Bukan hanya kentang goreng, makanan lain yang memiliki bentuk dan cara memasak atau penyajiannya juga sebaiknya dihindari agar tidak sampai mengalami kencing manis.

Makanan tersebut juga berpotensi menyebabkan Anda mengalami penyakit kolesterol.

Makanan untuk Menurunkan Gula Darah

Meskipun ada banyak makanan yang menjadi pantangan agar seseorang tidak sampai terkena penyakit diabetes, Namun ternyata tidak sedikit juga makanan yang direkomendasikan karena kemampuannya menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh.

Lalu apa saja makanan tersebut? Berikut ini simak penjelasannya khusus untuk Anda:

1. Kacang-kacangan

Kacang almond atau kacang badam menjadi jenis kacang-kacangan yang ternyata ampuh menurunkan gula darah.

Alasannya karena banyaknya kandungan nutrisi yang terdapat di dalam kacang. Ditambah lagi, indeks glikemik yang cukup rendah menjadi salah satu alasan mengapa kacang-kacangan aman dikonsumsi.

2. Tomat

Kandungan likopen dan anthocyaninyang berperan sebagai antioksidan menjadi alasan mengapa tomat menjadi makanan yang mampu menurunkan kadar gula darah.

Kedua zat ini mempunyai efek yang sama dengan obat diabetes acarbose yang nantinya akan berperan di dalma menghambat dan juga melepaskan gula menuju darah.

3. Alpukat

Siapa yang tidak tahu buah alpukat? Salah satu buah yang kerap menjadi minuman favorit ketika berada di restoran ini ternyata memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar gula darah.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa alpukat mampu menurunkan gula darah karena mengandung lemak sehat dan juga mineral.

Cara kerja dari nutrisi ini yakni dengan meningkatkan sensitivitas pada tubuh terhadap hormon insulin sehingga mengakibatkan kadar gula akan turun.

Jadi bagi Anda pengemar Alpukat tidak perlu kuatir karena buah ini tidak termasuk makanan penyebab diabetes.

4. Ceri

Buah ceri juga di dalamnya mengandung anthocyanin yang memang menjadi zat yang dibutuhkan untuk menurunkan gula darah.

Maka dari itu, disarankan untuk makan buah ceri secara rutin dan tidak berlebihan sebagai upaya menurunkan gula darah.

Itulah penjelasan mengenai makanan dan minuman yang menyebabkan diabetes dan makanan penurun gula darah.

Jika ada keluarga, teman kerabat atau saudara Anda yang menderita Diabetes sudah lama tidak ada perubahan, bahkan mungkin sudah luka parah, maka segera sarankan untuk konsumsi Obat Herbal diabetes Royal Kiraz Asli Turki.

Karena sudah banyak yang membuktikan herbal diabetes ini mampu menurunkan kadar gula darah dengan cepat.

Bahkan sudah ada yang luka di kakinya menjadi sembuh total dengan makan herbal Turki ini secara rutin.

Recommended Articles

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *